IMG-LOGO
Berita

BUAH ERUPSI MERAPI 2010

Create By admin 30 October 2018 5 Views
IMG

Genap sewindu yang lalu Gondang menjadi tempat mengungsi bagi sekitar 300 orang saudara kita dari Sewukan, Sengi dan Paten Kecamatan Dukun. Sebuah pengalaman yang sangat dalam dan penuh pembelajaran mengingat saat itu belum pernah terjadi Desa Gondang jadi penampungan pengungsi. Tidak ada kesiap-siagaan bagi Pemerintah Desa Gondang, baik personil, sarana maupun prasarana pengungsian, apalagi masyarakat setempat.
Akhirnya aula kantor Desa, gedung bekas sekolah, dan rumah warga menjadi penampungan pengungsi. Untuk konsumsi, masyarakat setempat dalam kurun waktu 6 hari secara sukarela dan penuh ke-gotongroyong-an bisa bergiliran menyediakan konsumsi bagi 300 an pengungsi. Alhamdulillah dengan berbagai keterbatasan semua pengungsi bisa terlayani dengan baik hingga 40 hari berada di barak. Tercatat terjadi 2 kelahiran di barak dengan kondisi bayi dan ibu selamat.

Hikmah dari kejadian tersebut, kini desa Gondang memiliki Gedung Tempat Evakuasi Akhir (TEA), terbentuknya Desa bersaudara (sister village) antara Desa Gondang Kecamatan Mungkid dengan Desa Paten Kecamatan Dukun, lahirnya Satuan Perlindungan Masyarakat Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlinmas PBP), tersusunnya Prosedur Tetap (Protap) penanggulangan bencana Desa Gondang.

Kini guna kesiap-siagaan, Pemerintah Desa Gondang sudah menyiapkan tempat yang sewaktu-waktu siap digunakan untuk penampungan pengungsi

Gedung Tepat Evakuasi Akhir (TEA)

Lokasi      : Dusun Gondang

Kapasitas : +  350 jiwa

Fasilitas    :

  1. Kamar mandi : 6  buah
  2. WC                 : 8 buah
  3. Gudang           : 1 Lokal
  4. Tanah lapang  : 1000 m2

 

Gedung Posyandu / Balai Kampung

Lokasi      : Dusun Galokan

Kapasitas : +  100 jiwa

Fasilitas    :

  1. Kamar mandi : 1  buah
  2. WC                 : 1 buah

       3. Dapur             : 1 Lokal  

 

Aula Kantor Pemerintah Desa Gondang

Lokasi      : Dusun Gondang

Kapasitas : +  150 jiwa

Fasilitas    :

  1. Kamar mandi : 1  buah
  2. WC                 : 2 buah
  3. Polindes         : 1 Lokal
  4. Mushola          : 1 lokal. 

 Namun demikian kita tetap berharap dan berdoa, agar senantiasa dijauhkan dari bencana.

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Berita

Artikel Lainya